Tempat Wisata Murah di Lucerne Swiss

lokasi wisata gratis di swiss

Ya, semua orang juga tau kalau wisata ke Swiss itu mahal. Sejak dulu Swiss memang terkenal sebagai tempat wisata kelas premium. Selain sebagai negara produsen barang-barang mewah, Swiss juga terkenal dengan ski resort kelas premium yang sering jadi destinasi kunjungan para selebritis dunia mulai dari Pangeran Charles hingga Rihanna. Tidak heran banyak yang berpikir kalau hanya para jutawan atau milyarder yang bisa menikmati wisata di Swiss. Tapi tau tidak, selain ski resort ataupun club-club mahal di hotel berbintang, Swiss ternyata banyak menawarkan lokasi wisata yang murah bahkan gratis. Kami salah satu yang berkesempatan membuktikannya. Berikut rangkuman kami mengenai tempat wisata murah di Lucerne Swiss.

1. Park atau taman kota

Pemandangan alam kota Lucerne Swiss sendiri sudah sangat menakjubkan. Bahkan hanya dengan berjalan-jalan menyusuri pinggiran danau, kita bisa menyaksikan dengan jelas pemandangan kota berlatar belakang pegunungan Alpen dengan saljunya yang sangat indah. Ada satu cara yang paling sederhana untuk menikmati pemandangan alam di Swiss. Kunjungilah park yang ada, dan duduk bersantai di sana sambil makan siang atau sekedar bercengkerama dengan kawan. Di kota Lucerne kami menemukan satu park yang sangat bagus untuk menyaksikan pemandangan alam Swiss. Namanya Carl Spitteler Quai Park. Kami tidak yakin apakah ada papan nama yang menunjukkan tempat ini, tapi seperti itulah nama yang kami temukan di Google Maps. Lokasinya tepat di seberang halte bus Europe, tidak jauh dari Verkehrhaus Museum atau Museum Transportasi.

lokasi wisata gratis di swiss
Park di Carl Spitteler Quai Lucerne Swiss

Seperti yang terlihat di gambar, beberapa pengunjung taman bisa bersantai menikmati pemandangan gunung, danau dan kota Lucerne sambil duduk ataupun berbaring bercengkerama bersama kawan. Sementara di pinggiran danau, beberapa pengunjung memilih untuk berjalan kaki menyusuri jalan sepanjang danau yang memanjang mulai dari area stasiun Lucerne hingga Verkehrhaus Museum. Dan untuk bisa menikmati ini, kita tidak perlu membayar. Yup, taman kota ini memang dibuat gratis untuk umum 🙂 Bahagia donk pastinya menikmati ‘kemewahan’ ini tanpa perlu keluar duit. Dan bukan cuma itu, bagi anda yang memiliki anak kecil, di taman kota ini juga disediakan fasilitas bermain untuk anak-anak. Bersebelahan dengan hamparan rumput dan bunga-bunganya yang cantik ini, ada beberapa wahana permainan anak. Mulai dari kolam pasir, kuda-kudaan, ayunan, dan sebagainya. Para orang tua tentu senang mengawasi anak mereka main sambil menikmati pemandangan alam kota Lucerne.

lokasi wisata gratis di lucerne swiss
tempat bermain anak di sebelah lapangan rumput di Carl Spitteler Quai Park Lucerne Swiss

Untuk menuju ke sini, kita bisa naik bus dari terminal Lucerne Bahnhof dan turun di halte Europe. Lokasi park tidak jauh dari halte bus Europe. Atau jika ingin lebih sehat, kita bisa berjalan kaki atau naik sepeda menyusuri jalan sepanjang danau mulai dari stasiun Lucerne.

 2.Spielplatz Vögeligärtli

lokasi wisata gratis di Luzern
spielplatz di vogeligartli Lucerne Swiss 
lokasi wisata gratis di luzern swiss
Vogeligartli dengan lapangan rumput untuk bersantai

Ini juga salah satu park di Lucerne yang tentu saja gratis untuk dikunjungi karena memang dibuat oleh pemerintah Swiss untuk memenuhi kebutuhan akan ruang terbuka bagi masyarakat. Bedanya dengan park di Carl Spitteler, di spielplatz (taman bermain) ini kita tidak bisa menyaksikan pemandangan gunung dan danau Lucerne, karena letaknya berada di tengah kota dikelilingi bangunan-bangunan besar di sekitarnya. Tapi asyiknya tempat ini terutama bagi yang memiliki anak kecil karena wahana permainannya cukup besar dan banyak. Dan saat kami ke sana, ternyata tidak hanya anak-anak, bahkan para muda-mudi Lucerne banyak yang menjadikan tempat ini sebagai tempat nongkrong sambil menyantap makan siang. Jadi, kalau ingin merasakan atmosfer pergaulan warga kota Lucerne, tempat ini bisa jadi tempat yang bagus. Lantaran kami nongkrong agak lama nungguin anak-anak kami main, kami jadi tau warga kota Lucerne itu memang doyan jajan di Bachmann..heheh. Kami bisa menyaksikan hilir mudik warga yang menenteng makan siang dari Bachmann 🙂

3. Rigiland di Mount Rigi

Untuk menuju ke sini, kami memang harus naik cruise dan kereta yang tiketnya lumayan agak mahal. Tapi kalo kamu tidak ingin mengeluarkan kocek lebih setelah sampai di Mount Rigi, Rigiland bisa jadi pilihan. Rigiland sebenarnya dibuat sebagai sarana tempat istirahat bagi para hikers. Jadi jangan heran kalo di sini juga disediain tungku buat barbecue lengkap dengan kayu bakarnya. Asyik banget. Karena lokasinya yang cukup keren, tempat ini juga sekaligus jadi picnic site bagi pengunjung yang lain. Makan siang ala barbecue di ketinggian Mount Rigi dengan view kota Lucerne di kejauhan tentu jadi pengalaman luar biasa. Dan tentu saja, tempat ini akan sangat menyenangkan buat anak-anak karena menyediakan tempat untuk bermain. Bila tak ingin bersantap siang yang mahal di resort, tempat ini boleh banget jadi pilihan. Tinggal bawa bekal dan ajak anak anda untuk bermain sepuasnya, tanpa perlu membayar. Lokasinya tidak jauh dari stasiun pemberhentian kereta di Rigi Kaltbad-First. Tempat seperti ini juga sebenarnya ada di Mount Pilatus, tapi kami tidak begitu yakin anak kami yang masih berusia di bawah 4 tahun boleh naik ke sana, mengingat Pilatus jauh lebih tinggi dibandingkan Mount Rigi.

lokasi wisata gratis di lucerne swiss
Rigiland dengan Alpen View dan cable car yang lalu lalang
lokasi wisata gratis di luzern swiss
picnic site dengan tungku barbecue di Rigiland Mount Rigi
lokasi wisata gratis di luzern swiss
tempat bermain anak di Rigiland Mount Rigi Lucerne Swiss

4.Kapellbrücke

Ini mungkin berita menarik buat anda, karena icon landmark kota Lucerne ini terbuka gratis untuk umum. Jembatan bersejarah di kota Lucerne ini menghubungkan ruas Bahnhofstrasse dan Rathausquai. Kita bisa bebas melewatinya tanpa dipungut bayaran. Di dalamnya terdapat beberapa lukisan yang menggambarkan sejarah kota Lucerne dan negara Swiss. Jika tak ingin berjalan di dalamnya, pengunjung yang lain biasanya melintasi jembatan di sebelahnya untuk mengambil gambar Kapellbrücke dengan latar belakang pegunungan Lucerne. Sangat cantik.

lokasi wisata gratis di luzern swiss
Kappelbrucke dengan latar pegunungan Alpen di Lucerne Swiss

5. Open Markt

Berbelanja di Swiss ga perlu ke outlet ataupun butik mahal yang cukup menguras kantong. Jika ingin sedikit berhemat, kita bisa mengunjungi open markt yang sering sekali diadakan di kota Lucerne. Open markt ini biasanya berada di sepanjang ruas Bahnhofstrasse sekitar Jesuiten Kirche dan Rathausquai. Tepat di sisi Kappelbrücke. Ada berbagai jenis open markt di Lucerne. Mulai dari Fischmarkt (pasar ikan), Flohmarkt (Pasar barang bekas), Handwerksmarkt (pasar kerajinan tangan), sampai Wochenmarkt (pasar mingguan). Sempatkan diri untuk berkunjung ke sana. Kita bisa mendapatkan barang-barang produksi Swiss mulai keju, coklat, roti, sayur-sayuran, koleksi antik maupun barang-barang kerajinan tangan. Soal harga, jangan bandingkan dengan pasar di negara lain mengingat Swiss adalah negara dengan kelas premium 🙂 Untuk mengetahui jadwal dan lokasi pasar bisa dilihat di website www.stadtluzern.ch atau di www.luzern.com

lokasi wisata gratis di Luzern swiss
Flohmarkt di Lucerne Swiss

Kelima tempat di atas adalah tempat wisata murah dan gratis yang sudah pernah kami kunjungi di Lucerne Swiss. Sebenarnya ada beberapa tempat lagi yang bisa anda kunjungi secara murah dan gratis. Tempat wisata murah di atas belum termasuk camping site di pegunungan Lucerne, picnic site di Pilatus, vineyard (kebun anggur), dan kastil di Lucerne yang bisa kita masuki tanpa harus membayar tiket. Anda mungkin bisa mencobanya, dengan terlebih dahulu menghitung biaya liburan ke Swiss di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.