Wisata Anak di Lucerne Swiss

liburan anak di swiss

Kebanyakan orang Indonesia jika ke Swiss, destinasi utama yang dituju adalah Mount Titlis, puncak gunung dengan salju abadi di daerah Engelberg. Jangan heran, kalau hampir semua turis Indonesia yang ke Swiss pasti memiliki foto di Mount Titlis 😀 Kami sebenarnya nyaris jadi bagian yang kebanyakan itu, kalau saja kami tidak meluangkan waktu untuk browsing internet tentang tempat wisata di Swiss. Kali ini, kota tujuan kami ke Swiss adalah Kota Lucerne, kota yang dikenal sebagai kota paling cantik di Swiss sekaligus kota yang paling ramai dengan kunjungan wisatawan. Tantangannya adalah, menemukan tempat wisata anak di Lucerne Swiss yang bisa bikin dua balita kami menikmati liburannya.

Ternyata itu bukan tantangan yang terlalu sulit, setelah menelusuri halaman demi halaman di jendela browsing, kami menemukan beberapa tempat wisata anak yang sangat menarik untuk dikunjungi di Lucerne Swiss. Dan sayangnya, itu tidak termasuk Mount Titlis. Oke, bermain salju kedengarannya sangat cool, tetapi setelah membaca beberapa review, kami memutuskan untuk mengunjungi tempat lain di Lucerne. Lagipula kami sudah memiliki rencana untuk mengunjungi ski resort yang jauh lebih murah di negara lain untuk liburan kami tahun depan.

Jadi, berikut beberapa hasil penelusuran yang kami dapatkan. Tidak semua tempat kami sempat kunjungi, hanya ada beberapa yang sesuai dengan waktu dan budget kami.

Verkehrhaus

tempat liburan anak di swiss
kereta kuda di Verkehrhaus Lucerne Swiss

Museum transportasi terbesar di Eropa ini punya segudang objek dan wahana yang bisa menarik minat anak-anak. Anak-anak tidak hanya sekedar bermain di sini, tetapi juga belajar mengenai transportasi di dunia. Museumnya memang dirancang khusus untuk anak-anak jadi dijamin tidak akan membuat bosan anak anda. Di Verkehrhaus tidak hanya ada museum transportasi saja tetapi juga ada planetarium, chocolate adventure, dan film theater. Dan yang menyenangkan bagi kami, anak di bawah usia 6 tahun, tidak perlu membayar tiket untuk masuk museum transportasi. Tiket hanya dikenakan untuk orang dewasa yang mendampingi, atau jika ingin menambahkan kunjungan ke planetarium,chocolate adventure maupun film theater. Informasi lebih jelas bisa dilihat di sini.

Pilu-Land dan FrakmĂŒntegg

Hasil browsing kami mengenai wisata gunung yang menarik untuk anak, membuat kami jadi tau satu tempat wisata anak yang recommended di Mount Pilatus. Terletak tidak jauh dari puncak Mount Pilatus, terdapat wahana bermain anak Pilu-Land yang sepertinya bakal bikin betah anak-anak untuk bermain. Bukan cuma playground, di Pilu-land juga terdapat picnic area yang bisa menambah keseruan liburan bersama keluarga.Pilu-Land dapat dicapai dengan cable car maupun cogwheel di Mount Pilatus dan berhenti di stasiun Krienseregg. Lebih jauh naik ke atas, kita bisa berhenti di stasiun FrakmĂŒntegg untuk bermain summer toboggan run, semacam perosotan yang berliku sepanjang 1350 meter ke bawah. Meluncur di ketinggian Mount Pilatus dengan pemandangan gunung dan danau di kejauhan sepertinya akan jadi pengalaman tak terlupakan. Sayang kami harus melewatkannya, dan memilih tempat yang lebih dekat di Rigiland.

liburan anak di swiss
Summer Toboggan Run di Frakmuntegg Mount Pilatus Lucerne Swiss (source: www.pilatus.ch)
liburan anak di swiss
Pilu-land di Krienseregg Mount Pilatus Lucerne Swiss (source: www.pilatus.ch)

Rigiland

liburan anak di swiss
picnic site di Rigiland

Jika ingin wisata gunung yang lebih dekat dengan kota Lucerne, Rigiland di Mount Rigi bisa menjadi pilihan. Dan ini menjadi pilihan keluarga kami ketika ke Lucerne kemarin. Hasil review dari warga lokal, banyak menyarankan ke sana jika kita membawa serta anak kecil. Tempatnya yang tidak setinggi Mount Pilatus, menjadi salah satu pertimbangan kami. Dan saran dari warga lokal itu tidak salah, view dari pemberhentian kami di Rigi Kaltbad First sangat luar biasa. Kami singgah untuk mengambil beberapa foto dan melanjutkan piknik kami di Rigiland, sembari menunggui anak kami bermain.

Lido

liburan anak di swiss
Schwimmbassin alias kolam renang di Lido Lucerne (source: www.Lido-Luzern.ch)

Walaupun ini salah satu destinasi yang harus kami lewatkan karena keterbatasan waktu, Lido tetap bisa masuk list destinasi wisata anak anda di Lucerne Swiss. Kalau Rigiland dan Pilu-land menawarkan jenis wisata gunung, maka Lido banyak menawarkan jenis wisata air. Anak anda akan puas bermain air di danau ataupun di kolam renang yang ada di Lido. Fasilitas di Lido pun lengkap dengan taman bermain, picnic area, restaurant dan souvenir shop. Informasi tiket dan lain-lain bisa kita dapatkan di website mereka www.Lido-Luzern.ch

Public Park

liburan anak di swiss
Carl Spitteler Quai Park di Lucerne dengan taman bermain untuk anak

Ada beberapa park yang bisa kita kunjungi secara gratis di Lucerne. Park ini biasanya juga menyediakan taman bermain untuk anak-anak. Setidaknya untuk dua park yang kami kunjungi yaitu di Carl Spitteler Quai dan VögeligÀrtli. Di park ini kita bisa duduk bersantai sambil mengawasi anak-anak bermain sepuasnya.

Chocolate Museum

liburan anak di swiss
chocolate world di Aeschbach Chocolatier (source: www.aeschbach-chocolatier.ch)

Rasanya tidak ada anak-anak yang tidak senang coklat. Karenanya, berkunjung ke chocolate museum tidak akan jadi acara yang membosankan bagi mereka. Di Kota Lucerne, kami  menemukan setidaknya ada dua chocolate museum yang bakal menarik untuk anak-anak. Yang pertama adalah Swiss Chocolate Adventure di Verkehrhaus. Swiss Chocolate Adventure menawarkan pengalaman petualangan di dunia coklat dalam sebuah studio multimedia. Dengan sebuah wahana kita diajak berkeliling studio menyaksikan layar multimedia yang menyajikan pengetahuan tentang proses pembuatan coklat mulai dari budidaya tanaman coklat hingga menjadi coklat yang dijual di toko -toko.

Studio cokelat lainnya bisa kita temukan di Aeschbach Chocolatier di Hochschwerzlen 2 6037 Root Lucerne. Aeschbach chocolatier sebenarnya adalah sebuah toko coklat yang juga menyediakan semacam studio kecil untuk chocolate adventure. Di studio kecil ini kita bisa melihat cara membuat coklat dan ikut berkreasi dengan coklat racikan kita sendiri yang bisa kita bawa pulang sebagi souvenir dengan tambahan biaya. Para orang tua pun bisa mampir berbelanja oleh-oleh coklat yang sudah dikemas dalam kemasan lux di chocolate shop-nya. Jika ingin beristirahat sambil minum secangkir coklat panas, kita bisa mampir di restaurantnya. It is actually one stop chocolate journey 🙂 Informasi tiket dan jam buka di website mereka www. aeschbach-chocolatier.ch

Tentu saja wisata anak ini juga tergantung minat dan usia anak kita. Ada beberapa tempat wisata yang hanya cocok bagi anak-anak penggemar museum dan ada juga beberapa tempat yang lebih seru dinikmati jika usia anak anda sudah lebih besar seperti summer tobaggo run di atas. Bagi anak saya sendiri, cukup sediakan ruang yang lapang yang bisa jadi tempat untuk  mereka puas bermain atau berlarian, sudah cukup menarik. Dari beberapa tempat di atas, wisata anak di Lucerne Swiss rasanya memberi lebih dari apa yang kami harapkan 🙂

 

 

 

One thought on “Wisata Anak di Lucerne Swiss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.