Transportasi Umum di Salzburg

transportasi umum di salzburg

Berkunjung ke kota sekecil Salzburg, boleh jadi membuat kita sedikit percaya diri untuk menjelajahi kotanya tanpa berbekal banyak informasi soal transportasinya. Tapi hal itu hanya akan berlaku jika kita berhasil mendapatkan penginapan yang strategis di area pusat kota, sehingga kita hanya perlu berjalan kaki untuk mengunjungi lokasi wisata di sekelilingnya.

Masalahnya, penginapan di pusat kota biasanya sangat banyak peminatnya atau jika tidak, tersedia dengan harga yang di atas rata-rata.

Dari pengalaman kami, penginapan di Salzburg memang termasuk yang tidak murah jika dibandingkan kota-kota tetangganya. Tak heran, banyak yang hanya menjadikan Salzburg sebagai tempat persinggahan dalam rute menuju kota wisata lain yang juga terkenal seperti Hallstatt ataupun Innsbruck.

Dibandingkan kota-kota metropolitan lain di Eropa seperti Munich ataupun Vienna yang berada di dekatnya, Salzburg tergolong kota wisata yang berukuran relatif kecil.  Untuk mengunjungi landmark yang bertebaran di kotanya, para turis biasanya hanya berjalan kaki. Kecuali bagi para turis yang melakukan daytrip ataupun short excursion dari Vienna ataupun Munich menuju Hallstatt ataupun Innsbruck, biasanya mereka datang dalam rombongan dengan bus yang sudah disewa.

Padahal, sebagaimana kota maju lainnya di Eropa, transportasi umum di dalam kota Salzburg sangat nyaman untuk digunakan asal kita banyak mencari informasi sebelumnya.

Kereta Antar Kota

Kami sampai di Salzburg dalam rute liburan kami dari Munich menuju Salzburg lalu Vienna. Dari Munich menuju Salzburg kami menggunakan kereta Meridian yang tiketnya kami beli melalui website www.bahn.de.

Selain kereta Meridian, untuk rute Munich-Salzburg juga tersedia kereta Railjet dan Eurocity. Masing-masing kereta dimiliki dan dioperasikan oleh 3 perusahaan yang berbeda. Meridian adalah layanan kereta yang dioperasikan oleh Bayerische Oberlandbahn (BOB), sedangkan Railjet dioperasikan oleh  Austrian Federal Railways (OBB) sebuah layanan kereta api ekspress yang menghubungkan kota-kota besar di Jerman, Austria dan Hungaria, sementara Eurocity dimiliki dan dioperasikan oleh dan perusahan kereta multilateral yang berbasis di Eropa.

Jenis layanan kereta ini menawarkan harga yang relatif tidak jauh berbeda. Hanya ada sedikit perbedaan waktu tempuh karena beberapa layanan kereta memiliki titik pemberhentian yang lebih banyak. Dari kenyamanannya, berdasarkan pengalaman kami, ruang cabin kereta Meridian memang terasa lebih lapang dan lega. Mengingatkan kami dengan kereta SBB yang kami tumpangi sewaktu kami di Lucerne Swiss.

Selain itu kami tak merasakan banyak perbedaan. Baik Railjet yang kami tumpangi dari Salzburg ke Vienna ataupun Meridian yang kami gunakan dalam rute Munich-Salzburg keduanya cukup nyaman untuk dinikmati.

Untuk tiket kereta Railjet dari Salzburg menuju Vienna kami beli secara online di website www.oebb.at.

Dari Munich menuju Salzburg dan dari Salzburg menuju Vienna, tersedia rute kereta yang beroperasi hampir tiap setengah jam.

transportasi umum di salzburg
Kereta Meridian Rute Munich-Salzburg dengan nomer kereta tertera di sisi kereta
transportasi umum di salzburg
Bagian dalam kereta Meridian yang bersih,modern dan lapang
transportasi umum di salzburg
Stasiun kereta Salzburg Hauptbahnhof yang mirip stasiun kereta Kota Bandung

Saran kami, belilah tiket jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Semakin mendekati tanggal keberangkatan harga tiket akan semakin mahal. Kami membeli tiket Munich – Salzburg 4 bulan sebelum keberangkatan dan berhasil mendapatkan tiket paling murah seharga €31 untuk 2 orang atau sekitar €15 per orang. Mendekati tanggal keberangkatan harga normalnya di kisaran €25 per orang.

Begitu pula untuk tiket Railjet Salzburg-Vienna. Tiket paling murah yang kami dapatkan adalah €19 per orang, dan menjelang tanggal keberangkatan harga tiketnya melonjak di kisaran €50 per orang.

Benar-benar penghematan bagi kami yang bepergian dengan 4 orang dalam perjalanan. Oiya, sebagaimana biasa, anak di bawah usia 6 tahun tidak dikenakan biaya tiket dan bebas duduk dimana saja sesuai kelas yang kita beli.

Saat keberangkatan, yang harus anda cek adalah jam keberangkatan dan nomer kereta. Karena kereta menuju Salzburg cukup banyak, terkadang kita menemukan 2 kereta dengan rute yang sama berada di peron yang bersebelahan. Peron kereta hanya tertera di papan pengumuman di stasiun, tak tertera dalam tiket. Anda harus rajin mengeceknya di papan pengumuman agar tidak salah naik kereta.

Karena itu yang harus kita cek adalah nomer kereta. Nomer kereta selain tertera di tiket, juga tertera di badan kereta.

Bus Dalam Kota

Langkah pertama yang harus anda lakukan jika ingin menggunakan transportasi umum dalam kota Salzburg adalah dengan menginstal aplikasi Salzburg Verkehr. Ini karena tidak semua rute transportasi dalam kota Salzburg ter-cover oleh Google Maps. Terutama rute yang dioperasikan oleh Salzburger Verkehrverbund (SVV).

transportasi umum di salzburg
contoh penggunaan aplikasi Salzburg Verkehr

SVV sendiri adalah perusahaan penyedia jasa layanan transportasi umum di Salzburg yang meliputi bus dan kereta.

Rute bus dalam kota Salzburg terutama yang menuju lokasi landmark ataupun spot wisata di kota ini dilayani oleh moda transportasi dari penyedia jasa ini. Karenanya penting untuk memiliki aplikasi Salzburg Verkehr ini di handphone anda.

Selain untuk mengetahui rute transportasi, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membeli tiket secara online. Salah satu kelebihan dari membeli tiket online ini selain transaksi yang lebih mudah, tepat di tangan anda, juga tarif yang lebih murah dibandingkan membayar langsung ke sopir.

transportasi umum di Salzburg
tiket bus yang dibeli secara online melalui aplikasi Salzburg Verkehr. selain lembar ini, lembar berikutnya berisi barcode yang bisa di-scan oleh petugas

Kami beberapa kali membeli tiket melalui aplikasi ini. Pembayarannya bisa dilakukan dengan kartu kredit terbitan bank di Indonesia.

Cara lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan membeli pada mesin tiket yang biasanya tersedia di halte bus utama. Tinggal cari mesin tiket yang berlogo Salzburg Verkehr. Pembayarannya dengan menggunakan kartu kredit atapun coin dan cash.

transportasi umum di salzburg
mesin tiket bus yang berlogo Salzburg Verkehr

Jika membeli tiket lewat mesin tiket, maka tiket anda mesti divalidasi dulu di mesin yang berada di dalam bus. Caranya, tinggal masukkan tiket yang anda beli ke lubang mesin maka tiket anda pun akan tervalidasi sesuai jam dan tanggal digunakan.

transportasi umum di salzburg
mesin validasi tiket di dalam bus

Validasi ini tak perlu anda lakukan jika membeli tiket secara online, karena pada tiket online telah tertera jam dan tanggal berlaku tiket anda. Tiket online hanya perlu anda simpan dalam handphone anda (tak perlu di print) dan ditunjukkan kepada petugas jika diminta.

Opsi paling murah untuk membeli tiket bus ini adalah dengan membeli 24 Hours Ticket, yang bisa kita gunakan seharian penuh. Tarif tiket jenis ini adalah €4 per orang yang bisa kita gunakan untuk rute mana saja dalam zona central Salzburg.

Selain bus dalam kota, dari Salzburg juga tersedia bus yang menghubungkan kota Salzburg dengan kota-kota kecil di sekitarnya seperti St Gilgen atapun Bad Ischl.

Baca juga: Beautiful Escape to St Gilgen

Berbeda dengan bus dalam kota Salzburg yang menggunakan tenaga listrik, terlihat dengan lintasan kabel listrik di atasnya, bus yang menghubungkan Salzburg dengan kota kecil lainnya ini nampak lebih kecil dan menggunakan tenaga bahan bakar biasa bukan listrik.

Ciri lain ada pada penomoran busnya. Bus dalam kota yang biasa disebut trolleybus biasanya bernomor rute kecil 1,2 atau 3. Sementara bus regional biasanya bernomor rute dengan angka yang besar, 140, 150, 155 atau seterusnya.

 

transportasi umum di salzburg
Halte bus regional
transportasi umum di salzburg
Ruang Cabin Bus Regional

Informasi lebih jelas bisa dilihat di website Salzburg Verkehr www.salzburg-verkehr.at

Moda Transportasi Lain

Selain bus, di Salzburg juga tersedia layanan kereta S-Bahn dan U-Bahn sebagaimana yang kita temui di kota Munich Jerman. Moda transportasi ini biasanya digunakan untuk rute dengan tujuan yang lebih jauh dari jangkauan bus.

Tapi karena lokasi penginapan kami masih berada di pusat kota dan lokasi kunjungan kami pun lebih mudah dicapai dengan berjalan kaki maupun naik bus, maka kami tak sempat mencoba moda transportasi ini.

Demikian pula halnya dengan sepeda. Kota Salzburg pun menyediakan jasa penyewaan sepeda yang bisa dipakai untk berkeliling kota.

Dan tentu saja, berjalan kaki adalah opsi yang menyenangkan untuk berjalan-jalan di kota kecil nan cantik ini. Area pejalan kaki selalu disediakan agar para pelancong nyaman mengelilingi kota.

Punya pengalaman lain dengan transportasi di Salzburg? Share di kolom Comment yah 🙂

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *