Transportasi Umum di Lucerne Swiss Part 2 : Kereta di Lucerne

kendaraan umum di luzern

Setelah sekitar 1,5 jam perjalanan dari Basel, sampailah kami di Lucerne, disambut dengan atmosfer stasiun keretanya yang sophisticated. Beberapa hari berikutnya kami berkesempatan mengetahui lebih banyak tentang sistem transportasi kereta di Lucerne.

kendaraan umum di luzern
mesin tiket kereta di Lucerne

Kesempatan itu ada saat kami hendak mengunjungi Stans, sebuah daerah di bagian atas Lucerne. Seperti biasa, kami perlu membeli tiket kereta terlebih dahulu. Mesin tiket kereta berada di dalam stasiun di bagian depan deretan peron kereta. Untuk membeli tiket kereta ini kita bisa menggunakan uang tunai ataupun kartu kredit . Kami menggunakan kartu kredit mastercard terbitan bank di Indonesia.

Tarif Kereta di Lucerne

Tarif kereta di Lucerne dihitung berdasarkan jumlah zona yang dilalui. Karenanya kita perlu mengetahui zona lokasi dari tempat yang akan kita kunjungi. Jika tidak ingin repot, kita bisa membeli Swiss Pass atau Tell Pass yang bisa digunakan selama beberapa hari untuk zona mana saja dengan moda transportasi apa saja (kereta,bus dan cruise). Swiss Pass berlaku untuk seluruh wilayah Swiss, sementara Tell Pass berlaku khusus untuk satu kota saja. Kami memutuskan untuk membeli tiket kereta Day Pass yang bisa dipakai seharian dengan pertimbangan karena kunjungan kami ke Stans hanya untuk sekali itu saja dan untuk tujuan lain kami telah membeli tiket cruise. Sedangkan untuk berjalan-jalan di pusat kota bisa kami tempuh dengan berjalan kaki. Pusat kota Lucerne sangat nyaman untuk dikelilingi dengan berjalan kaki. Kurang efektif jika menggunakan Swiss Pass ataupun Tell Pass. Informasi Swiss Pass dan Tell Pass ini bisa anda dapatkan di website www.sbb.ch.

Untuk ke Stans, kami perlu membayar tarif kereta untuk 2 zona sebesar CHF 15,20 per orang. Tiket day pass ini bisa kami gunakan seharian untuk 2 zona tujuan yang kami beli. Untuk mengetahui zona tarif kereta atau bus bisa kita liat di tiap mesin pembelian atau jika kita membeli secara online bisa kita liat di website www. sbb.ch atau www.passepartout.ch. Kali ini kami tak lagi memerlukan bantuan dari volunteer untuk membeli tiket di mesin. Daypass ini juga berlaku untuk tiket bus. Tiket Day pass yang kami beli bisa kami gunakan untuk tiket kereta maupun tiket bus untuk hari yang sama untuk 2 zona.

Kereta Yang Nyaman dan Lapang

kendaraan umum di Luzern swiss
stasiun kereta Lucerne

Stasiun kereta Lucerne Bahnhof memiliki 15 jalur kereta yang melayani berbagai rute tujuan dari dan ke Lucerne. Bagi yang ingin melanjutkan perjalanan ke Interlaken, Bern, Zurich, ataupun Engelberg, dapat naik kereta dari stasiun ini. Pastikan anda tidak salah naik kereta dengan memperhatikan papan informasi keberangkatan di stasiun dan informasi yang tertera di tiket anda.

kendaraan umum di luzern
papan informasi keberangkatan. Gleis adalah nomor jalur/peron kereta
kendaraan publik di luzern
ruang dalam gerbong kereta Lucerne-Stans yang memungkinkan kursi roda dan sepeda masuk

Satu yang paling saya sukai dari kereta di Lucerne, selain kereta yang digunakan selalu nampak bersih, baru dan terawat, juga tersedia ruang yang cukup lapang bagi yang menggunakan stroller ataupun kursi roda. Pijakan di pintu masuk keretanya pun telah didesain agar stroller dan kursi roda juga sepeda mudah masuk tanpa harus digotong. Di dalam gerbong kereta juga dilengkapi dengan loker penyimpanan barang. Bagi anda yang melanjutkan perjalanan dengan rute yang agak jauh seperti interlaken atau Bern, bisa menaruh koper anda di loker dalam kereta.

Ketersediaan loker ini memang dipandang perlu, mengingat banyak dari turis yang ke Lucerne biasanya akan melanjutkan perjalananannya baik itu ke Interlaken, Engelberg, Zurich atau Bern, ataupun hanya sekedar camping di pegunungan sekitar Lucerne. Kami sendiri menggunakan loker yang berada di dalam stasiun untuk menyimpan koper kami untuk melanjutkan acara jalan-jalan di downtown setelah check out dari hotel untuk menunggu jadwal keberangkatan kereta kami. Loker di dalam stasiun Lucerne bisa disewa dengan berbagai tarif. Untuk loker kecil tarifnya CHF 6 per 24 jam dan loker besar bertarif CHF 9 per 24 jam. Loker yang besar cukup untuk memuat 1 buah koper kami yang berukuran paling besar. Pembayarannya dengan memasukkan uang koin ke tempat pembayaran di tiap loker. Tinggal pilih loker yang masih kosong, masukkan koper lalu uang koin senilai CHF 9 di lubang koin, loker pun bisa dikunci dengan kunci yang kemudian kita bawa untuk membuka loker kembali.

kendaraan umum di luzern
Loker tempat kami menyimpan koper di Stasiun Lucerne Bahnhof

Kereta Cogwheel di Lucerne

kendaraan umum di luzern
kereta cogweel Vitznau – Mount Rigi

Karena pariwisata di Lucerne banyak berupa wisata gunung selain wisata danau dan kota, maka fasilitas transportasi umum di Lucerne dibuat secara terpadu hingga ke atas gunung. Karena itu untuk mencapai Gunung Engelberg , Rigi maupun Pilatus di Lucerne kita bisa menggunakan sarana transportasi umum baik dengan cogwheel ataupun cable car alias kereta gantung. Cogwheel adalah kereta yang dibuat khusus untuk menanjak di atas gunung. Cogwheel di Pilatus dibuat dengan tempat duduk yang bertingkat-tingkat agar penumpang tetap nyaman berada di dalam kereta yang menanjak dengan lereng yang sangat curam. Tetapi untuk Mount Rigi, tempat duduk penumpangnya dibuat sebagaimana tempat duduk kereta biasanya.

Di Lucerne, kami sempat menaiki Cogwheel menuju Mount Rigi. Untuk menuju Mount Rigi kita bisa memilih untuk naik cogwheel ataupun cable car. Sebelumnya kami telah membeli tiket secara online di www.sbb.ch seharga CHF 50 per orang untuk rute bolak balik stasiun Vitznau-Rigi Kaltbad First. Tiket kereta cogwheel memang lebih mahal dibanding tarif kereta lainnya. Tiket juga bisa dibeli di loket stasiun. Selain para turis, cogwheel ini biasanya juga digunakan oleh mereka yang hendak hiking atau camping di gunung. Para hikers ini bisa memilih turun di beberapa stasiun sebelum puncak gunung untuk melanjutkan perjalanan mereka ke puncak gunung dengan berjalan kaki menikmati keindahan gunung dan alam Swiss.

Selain kereta, transportasi umum di Swiss juga menggunakan bus dan cruise di danau. Selanjutnya di Transportasi Umum di Lucerne Swiss Part 3 : Bus dan Cruise di Lucerne

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.