Transportasi Umum di Lucerne Swiss Part 1: dari Basel Airport

kendaraan bus umum di lucerne swiss

Liburan ke negara Eropa dengan budget yang minim terkadang memberi kenikmatan tersendiri bagi keluarga kami. Salah satu kenikmatan itu adalah kesempatan untuk merasakan berbagai moda transportasi umum di negara tempat kami berlibur. Bersyukurnya kami, kebanyakan negara di Eropa mempunyai sistem transportasi umum yang sangat maju dan tersedia dalam range harga yang cukup terjangkau. Dan Swiss, termasuk salah satu yang terbaik sepanjang pengalaman kami. Walaupun dibandingkan negara lain di Eropa tarif transportasi umum di Swiss termasuk lebih mahal, akan tetapi sepadan dengan layanan fasilitas yang mereka berikan. Dari pengalaman kami, dibandingkan Belanda, Belgia, Perancis dan Spanyol, transportasi umum di Swiss terasa lebih nyaman. Fasilitas transportasi umum di Swiss nampak lebih bersih, lebih terawat dan selalu tersedia fasilitas bagi pengguna kursi roda ataupun stroller. Setiap stasiun keretanya selalu dilengkapi dengan lift bagi pengguna kursi roda maupun stroller. Setidaknya itu yang kami rasakan sewaktu mencoba berbagai moda transportasi umum di Lucerne, salah satu kota wisata paling ramai di Swiss.

kendaraan umum di lucerne
Volunteer “Ask Me!I’m a Local”

Dari schipol Amsterdam, pesawat kami mendarat di bandara Basel Mulhouse Freiburg di kota Basel, perbatasan antara Perancis dan Swiss. Di kota Lucerne sendiri tidak terdapat bandara. Bandara terdekat dari Lucerne berada di kota Zurich, Buoch dan Basel. Basel sendiri termasuk bandara kecil yang hanya melayani penerbangan dengan rute-rute pendek. Di area pintu keluar bandara kita akan menjumpai seorang volunteer yang biasanya berkeliling untuk membantu memberikan informasi kepada turis ataupun pendatang. Volunteer tersebut biasa membantu menunjukkan jalan atau memberikan info mengenai transportasi. Mereka dilengkapi dengan atribut yang bertuliskan “Ask Me!I’m A Local”. Dan tak perlu khawatir, mereka memberikan jasa secara gratis. Volunteer ini memang diadakan untuk mendukung pariwisata di Swiss. Untuk rute transportasi sendiri, kami sangat mengandalkan Google Maps. Sebagaimana negara maju lainnya, rute transportasi di Swiss bisa kita ketahui hanya dengan membuka aplikasi Google Maps di gadget yang up-to-date. Dengan Google Maps, kita bisa mengetahui moda transportasi yang akan digunakan, halte/stasiun keberangkatan maupun tujuan, nomor kereta/bus, termasuk jam keberangkatan/jam tiba.

kendaraan publik di Luzern
Rute Basel-Lucerne di Google Maps

Dari Basel menuju Lucerne kami harus melanjutkan perjalanan dengan kereta selama 1,5 jam waktu tempuh. Stasiun kereta SBB Bahnhof Basel dapat kita capai dengan bus dari bandara Basel dan turun di halte depan stasiun kereta. Saya tidak menyarankan anda untuk naik taksi, karena selain tarif taxi yang jauh lebih mahal, anda tetap bisa mendapatkan segala kenyamanan dengan naik bus yang tarifnya jauh lebih murah. Bus Europort dari bandara Basel dilengkapi dengan area cabin yang cukup luas untuk menyimpan koper. Yang agak berbeda di Swiss, untuk masuk bus atau pun kereta dan juga area stasiun, kita tidak perlu menunjukkan karcis atau menge-tap kartu seperti di Belanda. Anda tinggal masuk dan duduk. Tapi, jangan sekali-sekali mencoba naik tanpa tiket di tangan. Sewaktu-waktu pemeriksaan dapat dilakukan oleh petugas dan jika kita tidak memeiliki tiket kita bisa dihukum dengan membayar denda yang cukup besar, berkali lipat dari harga tiket. Jadi, pastikan anda memiliki tiket.

kendaraan bus umum di lucerne swiss
Bus dari Bandara-Stasiun dan mesin tiket
kendaraan publik di luzern
Mesin tiket bus di bandara Basel tepat di bawah papan nomor bus europort

Halte bus di bandara Basel terletak tepat di pintu keluar dari bandara. Hanya ada satu bus dari bandara yaitu bus bernomor 50 yang menuju menuju stasiun kereta Basel Bahnhof. Bus ini ada yang immediate line dan ada pula yang reguler. Immediate line mengangkut penumpang dengan tujuan langsung Bandara – Stasiun atau sebaliknya. Sedangkan bus reguler memiliki titik pemberhentian selain stasiun dan bandara. Bus immediate line bisa kita dapatkan hanya pada jam-jam tertentu. Dengan immediate line menuju bandara dari stasiun atau sebaliknya hanya memakan waktu sekitar 20 menit. Sementara dengan bus reguler memakan waktu sekitar 30 menit. Untuk menaiki bus ini, kita bisa membeli karcis bus di mesin yang berada tepat di halte pemberhentian bus di bandara. Atau di mesin penjual karcis di dalam stasiun kereta jika anda berangkat dari stasiun kereta menuju bandara. Untuk menaiki bus arah bandara-stasiun atau sebaliknya, kita perlu membeli karcis bus untuk 2 zona seharga CHF 4,40. Dan sebagaimana berlaku di seluruh Swiss, anak-anak di bawah usia 6 tahun tidak dikenakan tarif transportasi alias gratis.

kendaraan umum di luzern swiss
Loket tempat pembelian karcis kereta di Basel Bahnhoff SBB

Di stasiun Basel Bahnhof SBB kita bisa membeli tiket kereta jurusan Lucerne di loket yang berada di bagian depan dalam stasiun. Atau kita bisa membelinya melalui website mereka di www.sbb.ch. Tarifnya mulai dari harga CHF 16,60. Untuk tiket ke Lucerne dengan membeli secara online kami mendapatkan harga CHF 19,80 per orang. Sedangkan tiket balik dari Lucerne ke Basel kami mendapatkan harga yang lebih murah CHF 16,60. Anak-anak di bawah usia 6 tahun tidak perlu membayar tiket.

kendaraan publik di luzern
Tiket kereta Basel-Lucerne yang kami beli secara online
kendaraan umum di luzern swiss
Mesin tiket bus dalam stasiun basel bahnhof sbb dan seorang volunteer yang membantu kami

Berhubung kami pada saat itu sudah membeli tiket secara online di website mereka, maka kami tak perlu lagi antri di loket antrian. Yang kami lakukan selanjutnya adalah membeli tiket bus advanced date untuk balik menuju bandara nantinya, dengan maksud agar tak terburu-buru pada saat pulang nanti. Mesin tiket bus tepat berada di sebelah loket pembelian tiket kereta. Dan seorang volunteer dengan setia akan membantu anda jika mengalami kesulitan. Dari ia pula kami mengetahui bahwa tiket bus balik yang telah kami beli nantinya sebelum dipakai naik bus pada hari H perlu diaktivasi di mesin berwarna putih yang terletak di dekat mesin penjual tiket.

Selesai urusan beli tiket, selanjutnya kami tinggal menunggu keberangkatan kereta kami menuju Lucerne. Karena waktunya masih lama, kami menyempatkan untuk ke toilet dan makan siang. Oiya..toilet di sini berbayar. Toiletnya selain dipakai untuk buang air atau mengganti diaper baby, juga tersedia toilet khusus untuk mandi dengan tarif yang lebih mahal.

kendaraan umum di Luzern swiss
Kereta jurusan Basel-Lucerne yang kami naiki dengan gerbong khusus bistro

Untuk menuju peron keberangkatan arah Lucerne, kami perlu naik turun lift. Adanya lift ini merupakan salah satu kelebihan dari fasilitas transportasi di Swiss. Selain transportasinya yang nampak bersih dan terawat, kami juga tidak kesulitan untuk menemukan lift, mengingat kami melakukan perjalanan dengan menggunakan stroller untuk 2 anak kami. Hanya ada sedikit kesulitan pada saat kami akan menaiki gerbong kereta dari Basel. Kami mendapati ruang pintu kereta yang agak sempit dan mesti melewati anak tangga untuk menaikkan koper dan stroller. Selebihnya, ruang kabin kereta cukup nyaman bagi kami yang saat itu membawa anak-anak.

Karena di tiket kami tidak tertera nomor kursi, maka kita bebas memilih kursi yang mana saja selain kursi yang sudah direservasi. Tak perlu khawatir karena kursi yang tidak direservasi sangat banyak tersedia. Hanya ada beberapa saja yang bertanda direservasi. Kami sendiri tidak begitu mengerti cara mereservasi kursi kereta, karena di website mereka tidak tertera tombol untuk reservasi. Mungkin kita perlu menanyakan langsung di loket. Dari obrolan kami di kereta dengan warga lokal, sangat jarang dari mereka yang mereservasi kursi terlebih dahulu. Tanda reservasi terletak di atas kepala dekat jendela. Biasanya bertuliskan nama penumpang yang telah mereservasi.

Selanjutnya di : Transportasi Umum di Lucerne Swiss Part 2 : Kereta di Lucerne

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *