Naar De Haagse Markt : Apa Yang Menarik? Part 2

de haagse markt

Melanjutkan artikel sebelumnya, naar De Haagse Markt kali ini ada beberapa informasi tempat jajan enak maupun toko perlengkapan muslim yang berada dalam pasar De Haagse Markt. Kalau sebelumnya diceritakan pasar ini sebagian besar penjualnya berasal dari daerah Timur Tengah termasuk berasal dari negri-negri muslim seperti Turki maupun Maroko, maka jangan kaget kalau ke pasar ini sebagian besar pengunjungnya juga adalah warga imigran maupun warga keturunan dari negara-negara tersebut. Karenanya jajanan halal sampai pakaian muslim mudah ditemukan di sini.

Berikut hal menarik selanjutnya yang bisa ditemukan di De Haagse Markt:

1. Halal Wok

halal mie naar de haagse markt
halal wok di de haagse markt

Ini salah satu mie favorit saya di Den Haag. Penjualnya bapak-bapak dari Vietnam. Cita rasa mienya mirip seperti mie hokkian langganan saya di Kota Kendari ataupun Kota Raha yang merupakan kampung halaman saya. Bedanya, porsi sayur mie wok ini jauh lebih banyak dan beragam. Kita diperbolehkan memilih sendiri campuran sayurannya. Mulai dari wortel, timun, rebung, paprika, buncis hingga kol. Lauknya sendiri kita bisa memilih mau udang, ayam atau daging sapi. Di sini tidak menjual menu pork alias daging babi. Ini bisa menjadi pertimbangan bagi muslim seperti saya. Mie atau nasi yang dijual disajikan dalam kemasan kotak kertas yang ready to go. Bukan hanya mie atau nasi, menu gorengan vietnam seperti wonton dan juga bakpao serta pastel tersedia di sini. Menu favorit saya adalah Mie wok pedas udang atau ayam. Selain mie wok ini, di pasar ini ada juga bakmi suriname yang dijual di stall makanan ala suriname yang berlabel halal. Sayang kami belum sempat mencicipi.

2. Gorengan

kibbeling naar de haagse markt
gorengan di de haagse markt

Pertama kali menginjakkan kaki di hobemarkt ini, mata saya langsung tertuju di kerumunan orang yang sedang antri membeli makanan. Penasaran dengan antrian yang ramai, saya pun mendekat dan sedikit surprised dengan jajanan kegemaran orang Belanda ini.Yup…ikan goreng, pemirsah!Hihi…kalau di kita ini biasanya disajikan di rumah makan, minimal warteg buat menu makanan pendamping nasi. Di sini, orang-orang Belanda biasanya menyantapnya hanya dengan tambahan saus mayonese atau sambal yang lebih mirip saus asam manis di Indonesia. Selain patat atau kentang goreng, ini merupakan jajanan populer di Belanda. Kalau pernah dengar kata kibbeling, ini lah wujudnya. Ikan yang digoreng dengan balutan tepung. Patut untuk dicoba.

3. Toko Perlengkapan Muslim

kleiding naar de haagse markt
toko busana muslim di de haagse markt

Salah satu alasan mengapa saya sering menyambangi pasar ini adalah karena pasar ini juga menyediakan toko perlengkapan dan busana muslim. Saya biasa membeli kerudung model bergo di sini. Dari kerudung wanita dewasa hingga kerudung anak-anak tersedia di toko ini. Harganya juga relatif murah. Tidak jauh berbeda dengan harga kerudung di Indonesia. Dan seperti terlihat di gambar, ada banyak pilihan busana muslim yang juga dijual di sana. Mungkin karena kebanyakan pelanggannya adalah wanita muslim dari Timur Tengah maupun Maroko dan juga Turki, model pilihan busananya juga mengikuti selera pasar dari negara di Timur Tengah yang tidak banyak pilihan warna dan model. Jangan bandingkan dengan model gamis syar’i yang sekarang lagi ngehits di tanah air. Mereka mungkin akan berpikir wanita Indonesia senang karnaval…hehe.Bandingkan saja dengan pilihan busana di toko ini.

Tidak hanya satu, toko yang menjual perlengkapan muslim juga ada di deretan lorong lain dari De Haagse Markt. Toko dalam gambar di bawah ini adalah milik muslim keturunan Maroko. Selain busana muslim, toko ini juga menjual buku-buku, puzzle anak muslim, maupun produk kerajinan khas Maroko. Bapak pemilik tokonya juga nampak ramah melayani pembeli. Ketika saya minta izin untuk mengambil gambar tokonya, si Bapak malah menawarkan apakah perlu dirinya untuk difoto. what a moslem brother. Sayang saya mesti buru-buru pergi dan merasa tak perlu mengambil gambar si bapak pemilik toko.

naar de haagse markt kleiding
toko maroko

Jika tertarik untuk mengunjungi pasar ini, kamu bisa naik tram 11 atau tram 12 dari Den Haag HS dan turun di halte Hoefkade maupun halte Hobbemaplein. Keduanya terletak tepat di sisi De Haagse Markt. Jika berangkat dari stasiun kereta Delft, bisa juga naik bus nomer 51 yang langsung ke arah Hobemarkt.

de haagse markt
peta Hobemarkt di Google Maps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.