Museum Transportasi Terbesar di Eropa : Verkehrhaus di Lucerne Swiss

Jangan salah, tempat wisata di Swiss bukan hanya gunung dan danau saja. Ada banyak museum yang menawarkan pengalaman wisata menarik. Bagi anda yang traveling bersama anak ke Kota Lucerne di Swiss, sempatkanlah untuk mengunjungi Verkehrhaus museum, museum transportasi yang diklaim sebagai yang terbesar di Eropa.

Liburan kami kemarin ke Lucerne Swiss, kami membawa serta kedua anak kami yang masih balita. Agar mereka tetap antusias selama waktu liburan, tempat wisata sengaja kami pilih yang memang menarik untuk anak-anak. Salah satunya adalah Verkehrhaus museum ini. Sebenarnya di Belanda ada juga museum seperti ini, tetapi isinya hanya kereta api. Sementara yang di Lucerne ini, selain kereta api, anak-anak juga bisa melihat-lihat moda transportasi ataupun kendaraan berat lainnya seperti pesawat terbang, kapal, sampai kendaraan konstruksi seperti bulldozer. Berdiri di atas lahan seluas 20.000 m2, Verkehrhaus sebenarnya tidak saja berisi museum transportasi, tetapi juga terdapat Planetarium, Swiss Chocolate Adventure, dan FilmTheater. Anak anda pasti akan sangat puas menjelajahi wahana-wahana ini. Selain mereka bisa puas bermain, yang lebih penting mereka bisa mendapat banyak pengetahuan.

Untuk bisa menjelajahi itu semua, kita perlu menyediakan waktu seharian penuh, dan tentu saja membayar tiket full cover untuk semua wahana. Liburan kami kemarin hanya sempat mengunjungi beberapa wahana di museum transportasinya. Lebih jelasnya, berikut apa saja yang kami liat selama berada di museum transportasi Lucerne Swiss.

Miniatur dan Model Kereta

Ada berbagai jenis model dan miniatur kereta yang dipajang dilengkapi dengan informasi jenis kereta dan tahun keluarannya. Mulai dari kereta kuda sampai kereta gunung. Anak-anak juga boleh menaiki beberapa kereta untuk mencoba merasakan jadi masinis. Anak saya betah berlama-lama di ruang masinis memainkan tombol kemudi kereta 🙂 Sementara suami saya sempat mencoba simulator 3 dimensi yang memperlihatkan ruang terowongan bawah tanah yang dilalui kereta api. Saya sendiri selain sibuk memotret, juga mengawasi si adek yang sepertinya jauh lebih tertarik dengan permainan kereta api yang memang disediakan untuk pengunjung 😀

museum transportasi di swiss
si adek yang betah dengan mainan kereta api di verkehrhaus
museum transportasi swiss
miniatur kereta di verkehrhaus
museum transportasi di swiss
simulator animasi train tunnel di verkehrhaus

Granite Relief Model

Selain model-model kereta, di verkehrhaus kita juga bisa melihat granit relief dari pegunungan Alpen di Gotthard Region Swiss yang dilalui oleh terowongan kereta. Terowongan kereta di Gotthard region ini termasuk terowongan kereta penting di Swiss karena menghubungkan wilayah utara dan selatan Swiss.Di Verkehrhaus, gambar relief pegunungan di Gotthard ini juga dilengkapi dengan penjelasan atau legenda.

museum transportasi di swiss
Gotthard relief

Model Pesawat Swiss Air

Letaknya berada di halaman dalam museum. Anak-anak bisa ikut menaikinya untuk melihat keadaan cabin pesawat dan ruang kemudi pilot. Di bawah model pesawat ini juga dijadikan sebagai mini cafetaria yang biasa dipakai untuk tempat makan siang pengunjung.

Boat Pool

Di Indonesia sebenarnya sangat banyak permainan kapal-kapalan seperti ini. Tetapi bagi anak-anak dimana pun ini tentu permainan menarik. Kelihatannya selain ruang pamer kereta, wahana ini yang juga ramai dikunjungi terutama anak-anak. Untuk bisa menaiki mini boat dengan pedal, kita mesti ikut mengantri bersama anak-anak bule yang nampak sangat menggemari wahana ini.

museum transportasi di swiss
Boat Pool dan Model Pesawat Swiss Air

Traffic Garden dan Road Construction Arena

Sudah pernah menaiki bulldozer?Kalau belum, kita bisa mencobanya di sini 🙂 berbagai model kendaraan konstruksi ada di arena ini. Bukan hanya kendaraan beratnya saja tapi lengkap dengan peralatan konstruksinya. Arena ini memperlihatkan jenis-jenis kendaraan konstruksi dan perlengkapannya yang dipakai untuk kegiatan konstruksi jalan raya, terowongan bawah tanah, jembatan, dan lain-lain. Anak-anak tentu saja senang mencoba bermain peran ala kontraktor jalan raya.

museum transportasi di swiss
Road Construction Arena di Verkehrhaus

Car Theater dan Crash Test

museum transportasi di swiss
traffic sign di bagian luar car theater

Ada berbagai pertunjukan yang biasa ditampilan di sini. Untuk bisa menyaksikan pertunjukan ini kita mesti mengetahui jadwal dari masing-masing pertunjukan, karena masing-masing wahana menggelar pertunjukan dengan waktu yang berbeda-beda. Car theater dimulai pukul 10.30 selama 30 menit. Sedangkan Crash Test dimulai pukul 10.45. Bagi anda yang tidak sempat menyaksikannya, tak perlu bersedih, karena bagian luar dari car theater ini cukup atraktif untuk jadi tempat anda ber-selfie ria dengan anak anda 🙂

Full Size Mock Up of Tunnel Section

Pengen tau seperti apa rasanya berada di dalam terowongan kereta, cobalah merasakannya di sini. Dari judulnya, terowongan atau tunnel di verkehrhaus ini dibuat dengan ukuran sebenarnya. Tidak hanya itu, terowongan ini juga dilengkapi dengan fasilitas teknik yang lengkap yang menggambaran terowongan kereta yang sesungguhnya. Yang mengerti soal teknik transportasi kereta pastinya akan sangat menikmati hal ini.

Mural of Genoa Harbour

Model kapal dan mural dari pelabuhan Genoa di Italia juga bisa kita lihat di sini. Di bawahnya kita bisa menaiki garden railway yang hanya bisa dinikmati jika cuaca cerah tanpa hujan.

museum transportasi di swiss
Mural Genoa Port dan model kapal

Jika anda telah lelah berjalan-jalan mengelilingi berbagai wahana di Verkehrhaus, singgahlah untuk bersantap siang di sini. Di Verkehrhaus ada 4 tempat makan yang bisa kita datangi. Ada Mercato self service restaurant, Piccard table service restaurant, Lounge cafe & bar, juga picnic area bagi anda yang sudah menyiapkan bekal dari rumah.

Verkehrhaus buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 17.00 di waktu winter, sedangkan di waktu summer buka mulai pukul 10.00 – 18.00. Informasi tiket dan pembelian bisa dilihat di website mereka www.verkehrhaus.ch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *