Menyaksikan Pemandangan Alam Terindah di Lucerne Switzerland

pemandangan alam terindah

Kalau ingin tau rasanya berada di kaki surga, anda mungkin bisa mencoba ke Swiss, negri dengan keindahan panorama alamnya yang menakjubkan. Dan keindahan alam Swiss itu dirangkum dalam sebuah kota kecil yang jadi destinasi utama pariwisata Swiss, Kota Lucerne. Kota kecil nan elok yang mengitari Danau Lucerne dan dipagari oleh barisan pegunungan Alpen dengan puncak saljunya yang memikat. Berkunjung ke kota Lucerne, kita mesti siap dengan kapasitas memori kamera yang besar, karena kita tak akan berhenti mengambil gambar. Setiap sudut pemandangan Kota Lucerne menyimpan keindahannya masing-masing. Dari barat ke timur, utara hingga ujung selatan, semua nampak indah. Nyaris tanpa cacat. Kota Lucerne bagaikan lukisan masterpiece dari Sang Khalik.

kota wisata terindah di swiss lucerne
Kappelbrucke sebagai beranda kota Lucerne, dengan latar Mount Pilatus

Di beranda depan kota Lucerne saja kita sudah disambut dengan pemandangan spektakuler icon atau landmark kota Lucerne, Kappelbrücke, yang berlatar Mount Pilatus. Saya cukup beruntung bisa mengambil gambar utuh ini karena matahari bersinar dengan terangnya dan tak ada kabut yang menutupi Mount Pilatus. Saran saya, jika ingin mendapatkan pemandangan terang dan bersih tanpa halangan kabut datanglah pada saat musim semi atau musim panas. Dan gambaran jernih seperti ini akan bisa terekam kamera anda 🙂

kota wisata terindah di swiss lucerne
view pegunungan Alpen dari tengah Lake Lucerne

Saya tidak salah mengikuti saran dari para reviewer di TripAdvisor. Must See Atraction di Lucerne adalah Boat/Cruise Trip mengelilingi Danau Lucerne. Pemandangan yang saya dapatkan dari atas cruise sangat breathtaking. Sulit dilukiskan dengan kata-kata. Jujur saja, saya belum pernah menyaksikan pemandangan seperti yang saya lihat dari Lake Lucerne. Simaklah foto-foto berikut ini.

kota wisata terindah di swiss lucerne
View di Kehrsiten Dorf dari atas cruise
kota wisata terindah di swiss lucerne
view di Kehrsiten Burgenstock dari atas cruise
kota wisata terindah di swiss lucerne
view di Hergiswil dari atas cruise

Sejak cruise yang kami tumpangi melepas sauh berlayar menuju Alpnachstad, saya tidak henti-hentinya mengambil gambar. Saking terkesannya saya dengan harmonisasi alam yang saya saksikan dari atas cruise. Rumah-rumah penduduk di tepian danau yang berpadu dengan warna-warni daun dari pepohonan 4 musim, dan disempurnakan dengan lukisan gunung bersalju di layar belakangnya. Ga salah kalo tiba-tiba ada turis yang mendadak norak 🙂

kota wisata terindah di swiss lucerne
view dari atas kereta di Mount Rigi Lucerne

Dan ternyata, pemandangan dari atas pegunungannya pun tidak kalah spektakuler. Seorang turis Korea yang naik kereta bersama saya di Mount Rigi nampak selalu siaga dengan bidikan kameranya. Dan saat itu pula saya mulai berpikir untuk mengganti hp kamera yang saya miliki demi bisa mengabadikan pemandangan di hadapan saya dengan kualitas yang lebih memuaskan. Pertimbangan yang terlambat sebenarnya. Kereta terus melaju menuju puncak Mount Rigi memamerkan slide demi slide pemandangan danau dan pegunungan di Lucerne yang elok di sepanjang mata memandang.

kota wisata terindah di swiss lucerne
kira-kira apa yang dirasakan wanita yang sedang berendam di bawah sana menyaksikan pemandangan di depannya? (lokasi Rigi Kaltbad Resort)

Dan sesampainya di stasiun yang kami tuju di Rigi Kaltbad First, pertunjukan itu belum berakhir. Pemandangan dari Mount Rigi di ketinggian sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut, have to say amazingly stunning. Masya Allah. Allahu Akbar. Betapa mudahnya Allah menciptakan segala keindahan ini. Hanya dengan kalimat Kun Fayakun. Dan bumi pun Dia hamparkan, gunung-gunung ditegakkan dengan luar biasa megahnya.

kota wisata terindah di swiss lucerne
View kaki pegunungan Alpen di Stans Lucerne

Seperti belum cukup menikmati pemandangan Lucerne dari atas pegunungan di Mount Rigi, kami meneruskan perjalanan lebih dekat dengan kehidupan di alam pegunungan. Yang membawa kami sampai ke daerah Stans. Apa yang nampak dari jauh, itu pulalah yang nampak di dekat kami. Semua tentang pegunungan bersalju dan perumahan penduduk yang elok dan peternakan dan hutan pinus serta padang rumputnya. Indah sekali. Kesempurnaan lukisan alam itu menyatu dengan jalan rayanya yang bersih dan terawat.

kota wisata terindah di swiss lucerne
the most beautiful promenade i’ve ever seen

Dan apa yang kita harapkan dari area pejalan kaki? Pepohonan yang rindang, area jalan yang bersih dan rapi, bunga-bunga yang cantik…lalu tambahkan itu semua dengan air danau yang mengalir tenang di sepanjang jalanan yang kita lalui, dan gagah perkasanya pegunungan yang memagari pemandangan kita. Dan duduklah bersantai di bangku tepiannya. Semua itu hanya kita temukan di Carl Spitteler Quai Lucerne. Promenade paling cantik yang pernah saya temui.

kota wisata terindah di swiss lucerne
suasana bangunan kota Lucerne

Menyaksikan semua keindahan ini, saya hanya punya satu kesimpulan. Tak ada keindahan tanpa yang merawatnya. Dan masyarakat Lucerne lah yang berhak atas penghargaan itu. Lucerne adalah tempat dimana saya bisa menjadi saksi harmonisnya hubungan alam dan penduduknya. Baca ulasan saya tentang air, lingkungan dan masyarakat kota di Swiss. Mungkin itu satu-satunya penjelasan mengapa kota ini menjadi kota wisata paling indah di Swiss. Bahkan mungkin di dunia.

2 thoughts on “Menyaksikan Pemandangan Alam Terindah di Lucerne Switzerland

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *