Makanan Enak dan Halal di Delft

makanan halal di delft

Delft, sebuah kota kecil yang bersebelahan dengan kota Den Haag, saat ini banyak dihuni dengan mahasiswa internasional yang datang dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Tidak heran kalau di kota ini kita sering bertemu dengan mahasiswa dari Indonesia. Selain para mahasiswa dari berbagai strata dan negara asal, Kota Delft sendiri sebelumnya juga sudah menjadi rumah bagi banyak kaum imigran yang datang dari negara seperti Turki, Maroko, India,  maupun dari wilayah Eropa Timur. Karenanya boleh dibilang Delft sudah menjelma menjadi sebuah kota kecil yang multikultur. Hanya saja dalam soal makanan, dibandingkan Den Haag, di Delft tidak tersedia beragam pilihan makanan. Pilihannya hanya seputar gerai makanan yang sudah mainstream seperti patat (kentang goreng), kedai makanan turki ataupun gerai makanan pizza dan burger seperti Domino dan Subway. Saya dan kawan-kawan biasanya mesti ke Den Haag kalau ingin menikmati makanan yang lebih bervariasi. Terutama kalau kita menambahkan kriteria halal untuk itu. Di antara yang sedikit itu, berikut beberapa daftar makanan enak dan halal yang bisa kita nikmati di Delft.

1.Kedai Makanan Turki

makanan halal enak di delft
kedai makanan Turki di samping Polat Supermarkt Delft

Rasanya di seluruh penjuru Belanda ini kedai makanan halal yang paling mudah ditemui. Di Delft sendiri ada beberapa kedai yang bisa kita temui. Di stasiun Delft ada Doner Kebab, di daerah Poptahof juga ada di sebelah Polat, di daerah Papsouwelaan ada Vatan. Ini belum termasuk yang berada di daerah Centrum. Kalau meragukan kehalalannya kita bisa bertanya langsung kepada pelayannya.

2.Daily Wok di Centrum

makanan halal di delft
mie wok di Daily Wok centrum Delft

Di Delft juga ada mie wok, yang terletak persis di sisi jalan dekat Centrum yang selalu dilewati bus No.61 arah IKEA. Lokasinya tidak jauh dari perempatan yang ada toko Bodyshop. Hanya saja, mie wok di Daily Wok ini juga menyajikan menu daging babi, walaupun daging ayamnya bersertifikat halal.

3.Subway

makanan halal di delft
kedai sandwich Subway di Papsouwelaan Delft

Ya, bagi kita yang muslim tetap tersedia pilihan menu halal di Subway walaupun daging ayam dan sapinya tidak bersertifikat halal. Kita dapat memilih menu sandwich tuna (tonijn). Kedai Subway bisa kita temukan di area Centrum maupun di sisi jalan Papsouwelaan di Delft.

4. Taco Mundo

makanan halal di delft
Taco Mundo depan stasiun Delft

Bagi yang pengen sekali-sekali merasakan citarasa selain makanan turki ataupun Indonesia, Taco Mundo bisa menjadi pilihan. Menu ala Mexiconya tersedia dalam beberapa pilihan. Untuk kehalalannya sendiri, Taco Mundo menyajikan menu ayam yang bersertifikat halal. Akan tetapi tidak demikian dengan pilihan daging sapinya. Informasi kehalalannya bisa kita lihat di halaman website mereka www.tacomundo.com ataupun di brosur makanan yang biasa mereka bagikan.

5.Multivlaai

makanan halal di delft
toko kue Multivlaai di De Hoven Passage Delft

Anda tau, menemukan toko kue di Belanda itu sama seperti kita mencari toko alat musik di kota-kota di Indonesia. Jarang banget adanya. Tidak seperti di Jakarta atau Bandung yang penuh dengan pilihan toko kue maupun kudapan sore yang manis. Yang terbiasa merayakan ulang tahun dengan kue berukuran besar pasti akan merasakan hal ini. Pilihannya sangat terbatas. Satu yang paling terkenal di Delft adalah Multivlaai. Toko kue yang menjual beraneka ragam pie dengan berbagi pilihan topping. Dari beragam pie itu, kita bisa memilih beberapa yang halal yang tidak mengandung gelatin babi dan alkohol. Dalam brosur Multivlaai telah dituliskan informasi ini. Beruntungnya, pilihan pie halalnya lumayan banyak. Bahkan mungkin hanya sedikit yang mengandung gelatin maupun alkohol. Multivlaai ini yang akhirnya paling sering jadi pilihan warga Indonesia muslim yang ingin mencari kudapan manis dan halal. Toko kue Multivlaai ini bisa anda temukan di dalam De Hoven Passage di dekat Zeeman.

6. New York Pizza dan Domino’s Pizza

makanan halal di Delft
Domino’s Pizza di Papsouwelaan Delft

Bagi yang pengen makan pizza dan malas bikin sendiri, padahal tiap rumah di Belanda hampir selalu dilengkapi oven buat memanggang, selain pizza instan yang dijual di supermarkt, kita bisa memesan pizza fresh from the oven dari Domino’s maupun New York Pizza. Pilihan menu halal biasanya tertera di ingredients setiap pilihan menunya. Di New York Pizza kita bisa memilih double pepperoni, doner pizza atau brooklyn style pizza untuk pilihan menu halalnya. Sedangkan di Domino’s Pizza varian menu halal tergantung lokasi outlet. Ada beberapa outlet yang menyajikan menu halal dan ada pula yang tidak. Informasi ini bisa kita baca di website mereka. Di Domino’s pizza Delft, kita bisa memilih pizza dengan topping ayam untuk pilihan menu halalnya. Untuk memastikannya,  kita bisa bertanya langsung ke customer servicenya atau datang langsung ke outletnya. Lokasi outlet New York Pizza beralamat di Krakeelpolderweg 21 Delft. Sedangkan Domino’s pizza bisa kita temukan di Papsouwelaan 123B Delft dan di dekat stasiun delft beralamat di Binnerwatersloot 12A delft.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *